Belah Durian Matahari - Durian Matahari adalah salah satu jenis durian lokal unggulan dari Jawa Barat. Durian ini dinamakan durian matahari karena warna daging buahnya yang berwarna kuning keemasan seperti pancaran sinar matahari. Durian Matahari terkenal memiliki rasa manis dengan aroma yang tidak terlalu tajam, berbeda dengan durian petruk yang berasal dari Jawa tengah yang mempunyai aroma menyengat yang khas. Sehingga tidak terlalu mengganggu orang yang tidak begitu menyukai bau durian. Buah durian matahari mempunyai daging buah yang tergolong tebal dengan tekstur buah yang berserat halus dan tidak berair. Berat satu buah durian matahari berkisar antara 2 sampai dengan 3,5 kg. Dalam satu buah durian matahari rata-rata terdapat 10 sampai dengan 20 pongge dengan ciri khas warna buah hijau kekuningan.

Durian matahari terhitung sebagai durian yang sangat produktif karena mampu menghasilkan buah dala jumlah banyak bahkan pada pohon yang sudah berumur 20 tahun. Tanaman durian matahari ini juga kebal terhadap beberapa hama dan penyakit yang biasanya merugikan petani karena menyerang tanaman durian sehingga pertumbuhan dan kualitas buah menjadi tidak maksimal.

durian traveler,jaga durian jatuh di kebun sekalian cobain durian matahari...,perawatan pohon durian,tutorial tanaman durian,tips agar durian cepat berbuah,tutorial menanam durian,tanaman durian subur,cara menanam durian musang king,cara merangsang bunga durian,cara menanam durian pendek berbuah banyak,hebat!! ternyata inilah 15 manfaat dan khasiat durian matahari untuk kesehatan,tanaman buah

Berikut ini adalah beberapa keistimewaaan Durian matahari yang pastinya akan membuat anda makin jatuh cinta :

1. Durian Lokal Nomor Wahid
Durian matahari dapat dikategorikan sebagai durian lokal yang mempunyai mutu kelas wahid karena durian matahari adalah satu-satunya durian lokal yang mempunyai sertifikat resmi dari Badan Pengawas Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Banten sebagai durian unggulan bekerja sama dengan pengusaha – pengusaha di Banten. Karena sudah bersertifikat resmi untuk keunggulan, durian matahari ini tidak perlu diragukan lagi.

2. Bercita Rasa Juara
Durian matahari dikenal memiliki kualitas buah durian unggulan karena mempunyai rasa dan aroma durian yang sangat khas. Durian ini mempunyai daging buah dan rasa yang diidam-idamkan oleh penikmat durian, tak hanya berdaging tebal ukuran biji durian ini pun terbilang kecil bahkan ada beberapa durian yang dibudidayakan tanpa biji sehingga anda akan sangat terpuaskan menyantap durian ini. Selain ketebalan daging, buah durian matahari mempunyai rasa yang amat manis dengan tekstur buah yang berserat halus, berlemak, tidak lembek dan tidak berair. Durian ini juga mempunyai aroma yang tidak terlalu menyengat, tidak seperti durian petruk. Sehingga orang yang tidak terlalu suka denga aroma durian dapat ikut menyantap durian ini tanpa merasa pusing karena aromanya. Wah, benar-benar durian idaman ya.


3. Mudah untuk Dibudidayakan
Durian ini terhitung mudah untuk dibudidayakan karena mempunyai tipe yang tidak rewel dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan sulit. Sebagai tanaman daerah tropis, durian matahari dapat tumbuh hampir disemua tempat di Indonesia. Asalkan lahan yang ingin ditanami mempunyai unsur hara dan sinar matahari yang cukup maka tanaman ini akan tumbuh dengan optimal, tetapi jangan lupa untuk memberikan pupuk secara rutin. Jika ingin lebih cepat dan lebat jangan ragu untuk menambahkan hormon perangsang pembungaan dan buah.

4. Tahan Terhadap Hama dan Penyakit
Tanaman durian matahari ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh tanaman durian lokal jenis yang lain, yaitu ketahanan terhadap hama dan penyakit. Karena berasal dari daerah Bogor yang terkenal memiliki iklim basah dengan curah hujan yang sangat tinggi membuat tanaman durian matahari mempunyai ketahanan terhadap serangan penyakit busuk akar (fusorium sp) dan juga tahan terhadap hama penggerek buah (tirathoba sp). Penyakit busuk akar umumnya menyerang tanaman durian yang akarnya terkena atau tergenang air berlebihan. Tetapi karena daerah asal tumbuh nya mempunyai curah hujan yang sangat tinggi sekali meyebabkan tanaman ini biasa terbiasa terhadap supplai air berlebih dan membuat ketahanan tanaman terhadap air yang berlebihan menajadi lebih tinggi.

5. Produktifitas Tinggi
Sebagai durian lokal, durian matahari ini tergolong sebagai tanaman yang sangat produktif karena mampu berbuah saat tanaman berumur 5 sampai dengan 6 tahun. Selain itu tanaman ini berbuah sepanjang tahun, umumnya masa panen durian ini adalah 2 kali dalam setahun. Tanaman durian matahari juga mempunyai usia hidup yang cukup lama, usia tanaman durian matahari ini mampu mencapai lebih dari 20 tahun dan produktifitasnya tidak menurun. Pada usia tanaman 20 tahun, tanaman durian matahar masih mampu menghasilkan sekitar 50 buah sampai dengan 200 buah per pohon. Sungguh mengagumkan!

6. Nilai Jual Tinggi
Meskipun durian lokal tetapi harga durian matahari tidak kalah apabila dibandingkan dengan durian impor. Karena rasa nya yang enak dan manis, durian matahari banyak dicari dan diburu penikmat durian. Tak salah jika durian ini dipasaran dibanderol dengan harga Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 50.000 per kilogram. Maka jika ingin meningkatkan perekonomian anda tak ada salahnya jika anda mulai memikirkan untuk membudidayakan tanaman durian matahari ini.

7. Sebagai Daerah Agrowisata
Durian matahari ini bukan jenis durian yang dapat ditanam diperkarangan karena sistem perakarannya yang sangat luas sehingga dikhawatirkan apabila ditanam di lahan perkarangan dapat merusak pondasi bangunan. Maka sangat dianjurkan untuk menanam durian ini dilahan khusus sehingga pertumbuhan nya dapat optimal. Oleh karena itu, mulai beberapa tahun yang lalu banyak petani yang mulai menanam durian matahari dalam skala besar yaitu menanam durian matahari ini dilahan yang luasnya mininal 1 hektare. Bahkan banyak daerah yang mulai melirik budidaya durian matahari sebagai daerah agrowisata, salah satunya adalah daerah di Lebak, Banten, Jawa Barat. Daerah ini menjadikan daerahnya sebagai daerah agrowisata durian matahari untuk meningkatan pendapatan perekonomian masyarakat setempat. Petani-petani disana tak hanya memasarkan durian matahari langsung ditemapt kepada wisatawan yang datang tetapi mereka juga bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha setempat dalam memasarkan hasil perkebunannya.

8. Kaya Akan Manfaat
Durian matahari ini dikenal tidak hanya durian yang enak untuk disantap tetapi juga kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan. Adapun manfaat durian matahari untuk kesehatan adalah :

Mengatasi sembelit dan mengurangi gangguan pencernaan – Buah durian ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
Dengan kandungan asam folat dan vitamin B9, buah ini bisa meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia.
Untuk tulang dan persendian seperti lutut dan ruas jari dengan kandungan potassium dan kalsiumnya yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang.
Untuk mengatur kestabilan darah dalam tubuh. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidka bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
Untuk menjaga nafsu makan dengan kandungan vitamin B1-nya.
Untuk meredakan stress dan mengatasi depresi dengan kandungan vitamin B6 atau piridoksinnya.
Menjaga kesehatan Tiroid karena kandungan tembaga yang terdapat dalam buah durian matahari.
Mencegah migrain karena durian matahari mempunyai kandungan senyawa iboflavin dan vitamin B2.

Demikian semua informasi tentang keunggulan tanaman buah Durian Matahari yang perlu anda ketahui. Durian Matahari merupakan salah satu durian lokal yang memiliki kualitas yang setara dengan durian import. durian matahari ini memiliki keistimewaan yang luar biasa mulai dari bercitara rasa manis legit, mudah dibudidayakan, memiliki nilai jual yang tinggi, tahan terhadap hama & penyakit dan kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Jika anda tertarik untuk mengoleksi durian matahari ini dan berminat untuk membudidayakannya, ada baiknya anda memaham terlebih dahulu panduan budidaya durian matahari agar tumbuh subur dan cepat berbuah mulai dari pemilihan bibit, penanaman, pemangkasan, pemupukan hingga tahap panen. Semoga informasi tersebuat dapat membantu Anda sedikit lebih memahami tentang seluk beluk durian matahari. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
durian traveler,jaga durian jatuh di kebun sekalian cobain durian matahari...,perawatan pohon durian,tutorial tanaman durian,tips agar durian cepat berbuah,tutorial menanam durian,tanaman durian subur,cara menanam durian musang king,cara merangsang bunga durian,cara menanam durian pendek berbuah banyak,hebat!! ternyata inilah 15 manfaat dan khasiat durian matahari untuk kesehatan,tanaman buah